Cara Mendidik Anak dan Tips Kesehatan Anak

Penyakit Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Penyakit pada anak yang harus diwaspadai. Balita memang terkadang sangat rentan oleh serangan berbagai penyakit, dikarenakan kekebalan tubuh pada anak balita belum maksimal. Maka dari itu orang tua perlu mewaspadai tanda-tanda penyakit pada anak agar dapat melakukan pencegahan sedini mungkin. Jika anak Anda mengalami sakit sebaiknya kenali cara penganggulangannya dan jangan panik.

Pemahaman orang tua akan beberapa penyakit yang sering dialami oleh anak balita penting diketahui, agar Ayah dan Bunda dapat mengenali sejak awal penyakit apa yang mungkin diderita oleh Anak tercinta. Denga begitu kita dapat mengetahui cara yang tepat untuk memberikan pertolongan pertama pada anak sebelum dibawa ke dokter.

Beberapa Penyakit Pada Anak Harus Di Waspadai

    penyakit-pada-anak
  • Penyakit Diare. Sakit ini dikarenakan adanya virus rotavirus yang menjadi penyebab utama diare, Anda harus sangat waspada apabila diare ini disertai darah. Segera bawa anak Anda ke Dokter.
  • Sakit Apnea. Balita yang mengalami Apnea asalah suatu keadaan anak tidak bernapas selama beberapa detik dan itu terjadi secara spontan waktu ia sedang tidur. Apnea ini lebih banyak dialami oleh bayi baru lahir terutama bayi yang lahir secara prematur.
  • Penyakit Kuning. Penyakit ini secara medis lebih dikenal sebagai jaundice. Tanda dari gejala sakit kuning terlihat pada kulit dan mata anak balita berwarna kuning. Meskipun penyakit ini tidak terlalu berbahaya, namun orang tua sebaiknya tetap harus waspada apabila gejala sakit kuning tersebut tidak juga hilang. Segera konsultasikan ke Dokter.
  • Batuk Pilek. Sakit batuk dan pilek ini yang lebih sering terjadi. Penyebab utamanya adalah virus yang menyerang menyerang pada anak balita. Apabila bayi tidak juga sembuh lebih dari satu minggu, sebaiknya segera dibawa ke bidan atau dokter terdekat untuk menemukan cara tepat mengobatinya.
  • Penyakit Eksim susu atau lebih dikenal denan dermatitis atopi. Penyakit ini terjadi pada masalah kulit bayi, dan ini secara umum sering ditemukan pada anak balita.Untuk pencegahan dan penanganan yang tepat bunda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak.
  • Sakit Sesak Napas. Balita usia dini banyak sekali yang mengalami sesak napas, jika tidak segera ditanggulangi maka anak balita akan kesulitan saat bernafas, apabila terlihat warna kebiruan pada bayi Anda itu tandanya bayi kekurangan oksigen dan harus sangat diwaspadai. Segera bawa ke dokter atau bidan terdekat.
  • Penyakit Ruam Popok. Ini lebih sering terjadi pada balita dan dikenal sebagai iritasi pada kulit bayi. Penyebab utamanya adalah dari pemakaian popok pada bayi yang tidak tepat. Sebaiknya Bunda bertanya dan mencari tau cara memakaikan popok yang benar untuk balita.
  • Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan. Virus atau bakteri yang menyerang saluran pernapasan atas  atau lebih dikenal dengan ISPA, lebih banyak dialami oleh bayi yang baru lahir.Penanganan infeksi pada saluran pernapasan ini perlu penanggulangan khusus dari dokter ahli, untuk mendapatkan obat yang tepat.
  • Penyakit Infeksi Pada Telinga Bagian Tengah. Infeksi ini lebih sering terjadi pada bagian gendang telinga, sehingga dapat menimbulkan kurangnya pendengaran. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa mengakibatkan tuli permanen. Apanila orang tua melihat gejala kurangnya pendengaran pada bayi yang tidak merespon ketika diperdengarkan suara, segera konsultasikan dan bawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.
  • Sakit Sembelit. Tidak hanya orang tua, anak balita juga sering mengalami sembelit yang disebabkan anak mengalami kekurangan cairan. Penyebab lainnya bisa juga dari perubahan pola makan makanan seperti ketika mulai memberikan jenis makanan padat. Sakit sembelit ini perlu diwaspadai dan butuh penanganan dokter apabila dialami lebih dari 1 bulan.
  • Anak Sering Muntah. Kondisi ini bisa saja disebabkan bayi kekenyangan, atau karena udara di dalam lambung terlalu banyak. Jika bayi muntah terus menerus, segera bunda bawa ke dokter atau bidan terdekat, untuk mendapatkan cara tepat menanggulanginya.

Beberapa penyakit pada anak yang dijelaskan di atas sering kali terjadi pada anak balita hingga usia-usia tertentu, dan sangat memerlukan penanggulangan tepat dari ahli medis seperti bidan atau dokter anak. Jika Bunda menemukan gejala-gejala penyakit yang disebutkan di atas pada bayi Anda, sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk konsultasi dalam usaha menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya.
# penyakit anak
0 Komentar untuk " Penyakit Pada Anak Yang Harus Diwaspadai "

Back To Top