Cara Mendidik Anak dan Tips Kesehatan Anak

Menerapkan Cara Belajar Yang Baik Pada Anak

Menerapkan cara belajar yang baik pada anak itu penting sejak usia dini. Anak dengan IQ yang tinggi tidak selalu terampil dan lantas menjadi juara di kelasnya, apabila cara belajar anak tidak baik dan tidak disiplin. Meskipun anak anda tergolong memiliki kecerdasan yang cukup tinggi, namun tetap harus dibiasakan secara disiplin supaya anak mau belajar dengan baik. Jika tidak kepintaran yang dimilikinya hanya akan menjadi sia-sia saja karena tidak di arahkan dengan benar.

Misalnya anak dibiarkan bermalas-malasan ketika sudah saatnya belajar. Sebaiknya buatkan jadwal pelajaran yang sesuai dengan yang diajarkan oleh gurunya di sekolah. Kemudian letakan jadwal belajar tersebut di kamarnya dan posisikan agar selalu terlihat setiap harinya oleh anak. Jika waktunya jam belajar anak masih bermain, sebaiknya orangtua harus mengingatkannya agar segera belajar. Lakukan setiap hari secara terus menerus agar anak terbiasa disiplin untuk mau belajar tepat waktu.

Berikut Tips Belajar Untuk Anak Di Rumah
    cara-belajar-anak-yang-baik
  • Perhatikan ketika anak belajar, barangkali ia mendapatkan kesulitan. Bantu dan arahkan agar anak mengerti setiap pertanyaan yang dianggapnya sulit, supaya ia bisa memahami jawabannya.
  • Perhatikan pelajaran apa saja yang tidak di sukai anak, sebab adakalanya anak menghindari pelajaran tertentu yang dianggapnya sangat sulit. Jika ternyata memang ada pelajaran yang selalu ia hindari, segera berikan arahan yang bisa dimengerti dengan jelas, dan cari cara yang lebih mudah agar anak sedikit demi sedikit mau mempelajarinya.
  • Perhatikan juga pelajaran apa saja yang disukai anak Anda. Berikan ia dorongan agar lebih bersemangat lagi untuk belajar dengan rajin supaya prestasinya lebih meningkat. Jika perlu setiap kali anak mendapat nilai yang tinggi, berikan ia hadiah kecil kesukaanya supaya anak merasa bahwa usaha belajarnya itu dihargai, dan itu bisa memacu ia untuk lebih bersemangat lagi dalam belajar.
  • Hindari memberikan teguran yang terlalu keras, yang nantinya malah bisa membuat anak menjadi takut. Sebab jika anak belajar dalam kondisi terpaksa, maka ia tidak dapat konsentrasi dengan baik dengan apapun yang dipelajarinya. Kalaupun salah, sebaiknya orang tua memberinya arahan yang bisa ia mengerti.

Kecerdasan anak harus tetap didukung oleh cara belajar yang baik dan disiplin. Guna lebih mendukung semangat anak, orang tua juga harus memperhatikan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu biasakan agar waktu tidurnya juga teratur. Berikan juga perhatian yang baik terhadap keinginan anak, dengan memenuhi apa yang ia minta jika hal itu masih tergolong wajar. Jalin hubungan yang harmonis dengan anak tercinta, sebab kedekatan orang tua dan komunikasi yang baik dengan anak, dapat memberikan kenyamanan dan kebahagian tersendiri yang mampu memberikan semangat, sehingga anak selalu terlihat ceria saat ia belajar.
# belajar anak
0 Komentar untuk " Menerapkan Cara Belajar Yang Baik Pada Anak "

Back To Top