Cara Mendidik Anak dan Tips Kesehatan Anak

Jiwa Sehat Dalam Tubuh Anak Yang Kuat

Di dalam tubuh anak yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah bijak tersebut benar dan nyataadanya. Sebab salah satu hakikat dari jiwa yang kuat harus dengan badan yang sehat juga. Oleh sebab itu membiasakan diri berolahraga kepada anak sejak usia mereka masih dini merupakan tugas dan kewajiban oran tua. Jika anak terbiasa sejak kecil senang berolahraga, maka saat anak menginjak usia remaja tentu tidak sulit baginya melakukan olahraga secara rutin demi menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh mereka.

Makanan yang bergizi dan mengandung vitamin memang salah satu faktor yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan anak, namun disamping itu olahraga tidak kalah penting dan menjadi faktor di mana anak dapat tumbuh besar dengan kondisi kesehatan yang prima. Selain itu menjaga pola hidup sehat harus juga dibiasakan, seperti dalam hal mengkonsumsi makanan setiap harinya dan istirahat yang teratur.

Pola makan yang buruk bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit. Seperti obesitas, serta gangguan pencernaan, kanker dan penyakit lain. Mungkin tidak mudah menerapkan pola hidup sehat bagi putra puteri anda di rumah, namun dengan kerja keras, penuh kesabaran, dan keseriusan dari orang tua tentu keinginan untuk mewujudkan kehidupan yang sehat bagi anak-anak di masa depan pasti dapat terwujud.

Agar anak terbiasa berolahraga secara rutin buatlah jadwal setiap minggunya, bila perlu letakan jadwal tersebut di kamar anak-anak, supaya setiap hari mereka bisa melihat jadwal tersebut. Itu salah satu dari usaha orang tua untuk selalu mengingatkan anak kepada pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh. Demikian juga dengan pola makan yang sehat. Buatlah jadwal menu apa saja yang akan dikonsumsi keluarga setiap harinya. Agar tidak lupa buat jadwal masakan perhari yang diletakan di dapur Anda.

Jangan lupa berikan contoh dengan mengajak anak berolahraga secara rutin sesuai jadwal yang telah dibuat. Begitu juga pada pola makan, usahakan bisa makan bareng keluarga dan tidak memberikan contoh jelek dalam mengkonsumsi makanan. Selain mendekatkan hubungan antara anak dan orantua, makan bareng ini bisa menjadi keceriaan tersendiri yang mampu menumbuhkan rasa senang dihati anak-anak.

Terciptanya kehidupan yang sehat dan kemampuan untuk melakukan pola hidup sehat ini tergantung kepada kebiasaan setiap anggota keluarga. Selain jadwal kegiatan yang harus ditaati oleh semua anggota keluarga, komunikasi yang baik juga perlu dijalin antara orang tua dan anak. Dengan lebih sering ngobrol dan bertukar pikir, hal tersebut dapat menciptakan kondisi yang harmonis di dalam kehidupan keluarga.
# kesehatan anak
0 Komentar untuk " Jiwa Sehat Dalam Tubuh Anak Yang Kuat "

Back To Top