Cara Mendidik Anak dan Tips Kesehatan Anak

Dampak Pelukan Orang Tua Terhadap Psikologis Anak

Dampak pelukan orangtua terhadap Psikologis Anak. Percaya atau tidak tapi inilah kenyataannya, bahwa kedekatan hubungan yang sangat erat antara anak dan orang tua berpengaruh sangat besar terhadap perkembangan psikologis anak. Tahukah Anda bahwa pertumbuhan psikologis anak akan berdampak pada kehidupan fsikis mereka, termasuk pada proses tumbuh kembang, kesehatan, dan kecerdasan otak anak.

Pertumbuhan kehidupan pisik anak dipengaruhi oleh kondisi psikologis mereka, oleh sebab itu orang tua perlu menjalin hubungan baik yang harmonis dengan putera puteri tercinta. Kecerdasan seorang anak akan berkembang dengan baik dan dapat dengan mudah diarahkan untuk melakukan kegiatan yang positif apabila anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Guna mendukung agar anak punya keyakinan dan rasa percaya diri, tentu perhatian dan kedekatan orang tua sangat dibutuhkan. Salah satunya adalah pelukan hangat dari kedua orang tua.

dampak-pelukan-oran-tua-pada-psikologis-anakPelukan yang begitu akrab dan sentuhan perhatian yang harmonis dapat membuat anak merasa berada di zona aman, sehingga mereka yakin dan percaya bahwa orang tua begitu menyayangi dan melindunginya. Perasaan senang dan nyaman ketika berada ditengah-tengah keluarga ini dapat meningkatkan imunisasi atau kekebalan tubuh anak. Sebaliknya jika psikologis anak lebih banyak merasa khawatir, putus asa, dan tidak percaya diri, maka anak cenderung lebih banyak mengalami kondisi stress. Kondisi inilah yang justru sering berdampak buruk bagi kesehatan anak, karena kekebalan tubuh mereka menurun.

Luangkan lebih banyak waktu bersama anak-anak tercinta. Berbagi ceria bersama mereka, seperti sering nonton TV bareng, atau mengajak anak bermain bersama ayah bunda di halama rumah. Bisa juga sesekali liburan bareng ke tempat-tempat pariwisata. Mungkin selama ini ada sikap orang tua yang kurang bijak terhadap anak. Misalnya disatu sisi orang tua lebih banyak menuntut anak agar rajin belajar, anak harus mendapat nilai yang tinggi di sekolah, anak harus mendapatkan lebih banyak prestasi. Namun di sisi lain orang tua tidak memperhatikan kondisi psikologis anak, di mana mereka juga membutuhkan perhatian dan sentuhan kasih sayang yang nyata, seperti pelukan mesra dari kedua orang tua, menyenangkan perasaan anak dengan mengajaknya liburan bersama agar anak dapat merasakan kedekatan dan kehangatan hubungan dengan orang tuanya.

Kalau perlu buatlah jadwal liburan bersama secara berkala dan lakukan dengan teratur. Bisa juga membuat jadwal makan bareng atau nonton bareng dirumah. Kedekatan hubungan yang baik antara kedua orang tua dan anak, akan menciptakan kondisi psikologis dan tumbuh kembang anak yang sehat, baik itu sehat secara fsikis atau secara psikologis.
# psikologis anak
0 Komentar untuk " Dampak Pelukan Orang Tua Terhadap Psikologis Anak "

Back To Top