Cara Mendidik Anak dan Tips Kesehatan Anak

Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak

Cara mengatasi obesitas pada anak perlu perhatian khusus. Kurangnya anak berolahraga dan lebih banyak mengkonsumsi makanan cepat saji, merupakan penyebab umum terjadinya obesitas pada anak. Sementara faktor lainnya bisa juga akibat pengaruh genetik, biologis ataupun perilaku serta gaya hidup anak. Secara teori penyebab terjadinya obesitas lebih cenderung karena anak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi ditambah waktu istirahatnya kurang dari yang disarankan ketika anak berusia 2-3 tahun, sehingga ketika anak menginjak usia 7-8 tahun ia mengalami obesitas.

Untuk mengenal lebih jauh lagi apa saja faktor yang dapat menyebabkan terjadinya obesitas pada anak, sebaiknya orang tua mencermati beberapa hal penting berikut ini. Diharapkan dengan mengetahui apa saja penyebab kelebihan berat badan pada anak usia antara 7 s/d 12 tahun Bunda bisa melakukan pencegahan sejak usia anak masih dini.


Penyebab Obesitas Pada Anak
  • Pola makan anak tidak teratur atau buruk.
  • Banyak Makan dan ngemil
  • Kurang dan tidak teratur berolahraga
  • Disebabkan keluarga yang mengidap riwayat obesitas
  • Penyebab lain dari penyakit medis seperti, endokrin atau masalah-masalah neurologis.
  • Konsumsi obat seperti, steroid, dan beberapa obat psikiatris.
  • Disebabkan akibat stress karena sebuah perubahan dan kejadian seperti: perpisahan, perceraian orang tua, perpindahan lingkungan, kematian, dan pelecehan. Bisa juga ditimbulkan adanya masalah dengan lingkungan, teman, atau keluarga.
  • Karena minder atau merasa rendah diri, sehingga anak mudah mengalami depresi dengan masalah emosional.

Resiko Akibat Terjadinya Obesitas Pada Anak
  • Meningkatnya risiko penyakit jantung.
  • Dapat menimbulkan tekanan darah tinggi.
  • Mudah terserang penyakit Diabetes.
  • Sering mengalami Gangguan masalah pernapasan.
  • Sering mengalami sulit tidur.
Pada anak yang mengalami kegemukan atau kelebihan berat badan cenderung memiliki tingkat emosional yang lebih tinggi. Karena badannya terlihat gemuk, anak sering merasa minder kurang percaya diri ketika berhadapan dengan teman-temannya. Kondisi tersebut sering kali membuat perasaan anak menjadi cemas, dan sering mengalami defresi.


Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak

obesitas-anakApabila kelebihan berat badan atau obesitas pada anak terlanjur dialami, tentu ini perlu penanganan secara medis oleh dokter ahli. Cara ini dilakukan untuk mengevaluasi secara medis terhadap kemungkinan terjadinya penyebab secara fisik.Jika ternyata menurut dokter tidak ditemukan adanya gangguan secara fisik, maka cara untuk menurunkan berat badan anak adalah dengan membuat jadwal olah raga secara teratur serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan kalori.

Buatlah program untuk mencegah obesitas, harus dengan sisiplin merubah kebiasaan dalam pola makan, lakukan secara bertahap sehingga nantinya akan terbiasa. Mengatur makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi selagi menjalani program, seperti tidak makan makanan cepat saji yang berlemak tinggi.
Untuk porsi makan juga harus diatur selama proses mencegah obesitas. Tingkatkan kegiatan fisik seperti jalan santai dan olah raga. Hindari mengkonsumsi makanan camilan seperti snack.

Berikut adalah berat badan yang ideal bagi anak balita:
Idealnya berat badan balita dihitung sesuai dengan jenis kelamin, karena untuk anak laki-laki dan perempuan berbeda. Dikutip dari penjelasan badan kesehatan dunia WHO disebutkan berat badan yang ideal untuk anak usia 3 bulan yaitu dalam kisaran 5,1 kg s/d 8,0 kg. Sementara bagi anak usia 3 tahun adalah idealnya dengan berat badan sebesar 11,4 kg s/d18 kg.
# obesitas anak
1 Komentar untuk " Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak "

Ada satu lagi tambahan ni mbak...masalah bila kelebihan berat badan pada anak yaitu..nilai olahraga anak tersebut akan jelek karena berlari aja susah..hee.

Back To Top